Categories
Umum

SMP – SMA Islam Terpadu AULIYA Gelar Simulasi AKM

Pagi yang cerah, disambut dengan semangat dan antusias siswa SMP dan SMA AULIYA, karena hari ini (24-26/8) kali pertama mereka datang kembali ke sekolah setelah hampir 2 tahun belajar dari rumah.

Beberapa Siswa kelas 8 dan 11 tengah mengikuti Asesmen Kompetensi Minimum sebagai pengganti Ujian Nasional (UN).  Ada 2 jenis tes pada AKM ini, yaitu Asesmen Sekolah Berbasis Komputer (ASBK) jika siswa harus mengikuti secara daring dan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi siswa yang terdaftar untuk mengikuti AKM.

Melalui protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan jumlah siswa dalam pertemuan yang dibagi 3 sesi tersebut, siswa mengerjakan soal ujian dengan beragam konteks yang menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi.

Ibu Rakhma Nurhayani, Kepala Divisi Edukasi AULIYA menjelaskan perbedaan AKM dengan Ujian Nasional (UN), asesmen nasional tidak lagi mengevaluasi capaian hasil belajar peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Rahma menambahkan bawa dalam AKM, kompetensi terkait literasi dan numerasi akan dapat ditinjau dari 3 (tiga) aspek, yaitu konten, proses kognitif, dan konteks. Bentuk soal AKM terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

Mari kita berdoa semoga segala ikhtiar yang dilakukan siswa-siswi SMP-SMAIT AULIYA dapat memberikan hasil yang maksimal.

Silahkan klik link untuk melihat video Simulasi AKM SMP – SMA