Categories
Umum

5 Kiat Mendidik Anak Agar Berprestasi di Sekolah dan Lingkungan Sekitarnya

Sudah menjadi hal yang umum, jika setiap orang tua menginginkan agar anak bisa memiliki prestasi terbaik di sekolah. Bahkan tidak hanya di sekolah saja, mereka juga diminta untuk bisa berprestasi di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Nah, untuk menciptakan anak yang berprestasi ini, Anda perlu menerapkan beberapa kiat mendidik anak agar berprestasi di sekolah yang akan dijelaskan satu persatu di artikel berikut ini.  

Melatih anak agar dapat mengatur waktu belajarnya sendiri

Rata – rata sebagian besar anak sering kali ingin bebas melakukan segala sesuatunya sesuka hati. Namun jika mengingat masalah pembelajaran, ada baiknya Anda untuk melatih anak agar bisa mengatur waktu sendiri.

Dalam hal ini, Anda bisa mengajarkan anak kapan waktu belajar dan kapan waktunya untuk bersantai. Meski demikian, Anda juga perlu tahu bahwa dalam mengatur waktu belajar ini pastikan tidak boleh terlalu lama agar tidak membuat mereka merasa tertekan saat menjalankannya.

Temani dan bimbing anak ketika mengerjakan PR

Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh anak, pengawasan dari setiap orang tua penting dilakukan. Sebab, terkadang anak yang sedang belajar belum tentu mengerti dan paham mengenai apa yang mereka pelajari.

Oleh karena itu, disini Anda perlu untuk menemani dan membimbing anak ketika mengerjakan PR. Adapun dalam melakukan pembimbingan belajar anak ini, pastikan Anda tidak marah – marah agar anak tidak merasa takut dan lebih senang untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh guru di sekolah.

Ajarkan anak untuk terus belajar dalam berbagai cara dan hal

Tidak hanya di sekolah, anak – anak juga bisa memperoleh ilmu pengetahuan dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar. Sebagai orang tua, Anda bisa menerapkan kiat mendidik anak agar berprestasi di sekolah dengan berbagai cara dan hal seperti misalnya lewat membaca, menulis, berkomunikasi dan lain – lain.

Dalam hal ini, pembelajaran paling baik dan penting untuk diajarkan kepada anak yakni dengan membaca. Pastikan dalam hal ini anak terbiasa membaca agar terlatih menjadi anak yang kreatif dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang luas.

Beri dukungan penuh terhadap minat dan hobi anak

Pada dasarnya, minat dan hobi anak sudah bisa terlihat sejak anak usia dini. Dimana dalam setiap tumbuh dan perkembangannya, minat dan hobi anak sering kali mengalami perubahan. Dalam hal ini, Anda bisa memperhatikan mana minat dan hobi anak yang memang benar – benar dimiliki.

Yang terpenting disini, Anda juga perlu menanyakan terlebih dahulu mengenai apa yang menjadi minat dan hobi anak sebelum memutuskan untuk memasukkan anak ke lembaga pendidikan non akademik.  Dan jangan lupa berikan dukungan penuh terhadap minat dan hobi si buah hati agar mereka senang menjalankannya.

Selalu berikan motivasi terbaik kepada anak

Setiap anak tentu saja merasakan yang namanya keberhasilan dan kegagalan di waktu tertentu. Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua sebaiknya memberikan motivasi terbaik apapun kondisinya. Adapun dalam memberikan motivasi ini, pastikan bahwa motivasi yang diberikan ini memang motivasi positif yang bisa membangkitkan semangat mereka untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Untuk motivasi disini, Anda bisa memberikan nasihat – nasihat positif dan bisa juga memberikan hadiah dengan syarat tertentu yang harus mereka penuhi.

Demikianlah beberapa kiat mendidik anak agar berprestasi di sekolah yang bisa Anda terapkan kepada si buah hati agar mereka lebih termotivasi untuk meraih prestasi membanggakan di sekolahnya.