Categories
Umum

5 Keunggulan PPDB Tangerang Selatan yang Perlu Anda Ketahui!  

 

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan suatu sistem penerimaan siswa untuk sekolah yang disosialisasikan pemerintah melalui Kemendikbud dengan tujuan pemerataan akses dan kualitas pendidikan.

 

Berikut adalah informasi mengenai PPDB Tangerang Selatan dan juga keunggulan yang ditawarkan oleh sistem tersebut.

 

 

Mengenal PPDB

 

PPDB Tangerang Selatan memiliki sistem alur satu pusat (server) yang dirancang untuk melayani penerimaan siswa baru dari lokasi mana saja dalam jangka waktu tertentu (umumnya jangka waktu penerimaan tiap sekolah).

 

PPDB dapat diakses untuk mendaftar sekolah mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA sederajatnya. Ini tentu akan memudahkan bagi anak-anak yang ingin sekolah hingga jenjang atas.

 

Awal mula aturan PPDB diatur oleh Kemendikbud, dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018, yang kemudian disempurnakan dengan keluarnya Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Aturan ini kemudian diterapkan pada setiap pendidikan formal yang ada di Indonesia.

 

Adapun PPDB dilaksanakan di tiap daerah di Indonesia, dan semua sekolah harus melaksanakannya sesuai dengan ketentuan yang ada pada perundang-undangan tersebut.

 

 

Keunggulan PPDB

 

Program yang telah dicanangkan oleh Kemendikbud ini tentu saja memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan dari adanya PPDB adalah sebagai berikut.

 

Meminimalisir terjadinya KKN

 

KKN pada suatu institusi dapat terjadi di mana saja, termasuk dalam sekolah. Sebagai contoh, orang tua yang akan rela membayar dengan nominal tertentu supaya anak mereka dapat masuk ke dalam sekolah yang diinginkan. Ini tentu akan merugikan bagi para calon siswa lain yang lebih berhak untuk masuk ke sekolah tersebut dengan kemampuan mereka sendiri.

 

Adanya PPDB dapat meminimalkan terjadinya KKN, sekolah juga dapat melakukan efisiensi pembiayaan bagi para calon siswa karena adanya seleksi dan pengawasan yang dilakukan terpusat dan menyeluruh.

 

Sistem yang fleksibel

 

Menyelenggarakan pendidikan tatap muka langsung di tengah-tengah pandemi memang belum dapat sepenuhnya terwujud. Maka dari itu, sistem PPDB dibuat sefleksibel mungkin, dapat dilakukan secara offline maupun online.

 

Ini semua tergantung dari kesiapan masing-masing sekolah dan juga kebijakan dari suatu daerah itu sendiri.

 

 

Terdiri dari berbagai macam jalur penerimaan

 

PPDB mendukung adanya penerimaan peserta didik baru dari berbagai jalur. Para peserta didik dapat memilih jalur mana saja yang dianggap sesuai dengan kondisi mereka untuk dapat masuk sekolah yang mereka inginkan.

 

Beberapa jalur yang terdapat dalam PPDB Tangerang Selatan di antaranya adalah jalur prestasi, jalur perpindahan tugas orang tua, jalur afirmasi, jalur zonasi, dan jalur anak berkebutuhan khusus.

 

Mempermudah dalam seleksi sekolah

 

Adanya PPDB akan memudahkan bagi siswa yang ingin menentukan sekolah sesuai dengan keinginan mereka.

 

Ada banyak sekolah yang mungkin anak dan orang tua sendiri bingung untuk memilihnya. Namun, adanya PPDB ini tentu akan mampu memberikan informasi mengenai jenis sekolah, kebutuhan siswa, jenis jurusan sekolah, passing grade, dan persyaratan yang bisa diperoleh bagi para calon siswa.

 

Tanpa biaya

 

Untuk mendaftar sekolah dengan PPDB Tangerang Selatan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tertentu atau biaya administrasi khusus. Adapun biaya untuk sekolah adalah seperti pada umumnya, yaitu biaya daftar ulang yang mana ketentuannya tergantung dari sekolah masing-masing.

 

Jadi, bagi orang tua ataupun para calon siswa yang hendak mendaftar sekolah menggunakan sistem PPDB cukup dapat dilakukan dengan online di rumah saja. Anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan untuk masuk ke sekolah sesuai dengan ketentuan yang tertera. Daftar sekarang juga!